SMART LIBELS
Info Sekolah
Thursday, 18 Jul 2024
  • Selamat Datang di Website resmi SMA Negeri 15 Semarang
  • Selamat Datang di Website resmi SMA Negeri 15 Semarang
10 October 2023

Relibels Fest

Tue, 10 October 2023 Dibaca 500x Uncategorized

Relibels Fest Diadakan Lagi ! Selain Peringati Maulid Nabi, juga Wadah untuk Menginspirasi

(By : Haydar M. Rasyid XI-A5 & Tenaya Farrel Opy Suwarno XI-A2)

Nabi Muhammad Shalallaahu ‘Alaihi Wassalam lahir pada 12 Rabi’ul Awwal pada Tahun Gajah. Masyarakat mayoritas Islam kemudian merayakan kelahiran Nabi dengan sebutan Maulid Nabi. Hadirnya Rasulullah merupakan sebuah kemajuan besar bagi umat Islam dalam berbagai bidang.

Berdasarkan hal tersebut, Rohis SMAN 15 Semarang mengadakan kegiatan Relibels Fest  jilid 2 pada Jumat (6/10/2023) untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad. Relibels Fest sendiri merupakan singkatan dari “Religion of Libels Festival”. Relibels Fest jilid 2 ini merupakan lanjutan dari Relibels Fest yang telah dilaksanakan pada 8 November 2022. Pada Relibels Fest jilid 2 diisi oleh K.H. Nur Rohim Al Abrori. Beliau menjadi pengisi pada  puncak acara yaitu mauidhoh hasanah.

Sebelum acara tersebut berlangsung, terdapat lomba-lomba yang diikuti oleh seluruh siswa SMAN 15 Semarang untuk memeriahkan acara. Di antaranya Lomba Adzan, Lomba Murottal, dan Lomba Da’i. Nantinya para juara akan diumumkan pada awal acara. Kelas yang paling banyak mengirimkan perwakilan untuk mengikuti lomba akan menjadi juara kelas terbaik.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan Asmaul Husna. Kemudian dibuka oleh sambutan dari kepala sekolah SMA N 15 Semarang, Bapak Arif Nur Hidayat S.Pd yang menyampaikan mengenai tujuan dari acara ini, yaitu bukan hanya datang dan duduk akan tetapi mencari berkah dan nilai ibadah dihadapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Sesi selanjutnya yaitu maulid diba’ yang diiringi oleh rebana SMA N 15 Semarang. Penampilan rebana ini memeriahkan acara sekaligus menghadirkan suasana yang tidak monoton. Dengan shollawat yang diiringi oleh rebana serta dipadukan dengan alat musik modern berupa keyboard dan gitar bass.

Pada puncak acara yaitu mauidhoh hasanah yang disampaikan oleh KH Nur Rohim Al Abrori, beliau menyampaikan banyak hal mengenai Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam. Sejarah panjang hidup hingga sifat-sifat mulia Rasulullah disampaikan dengan terperinci secara jelas. Selingan-selingan sholawat juga dihadirkan untuk mengajak seluruh warga SMA N 15 Semarang bersholawat kepada Nabi Muhammad Shalallaahu ‘Alaihi Wassalam.

Acara ini ditutup dengan pembacaan doa oleh KH Nur Rohim Al Abrori. Bertepatan dengan hari Jumat, beliau berkesempatan untuk melaksanakan sholat Jumat bersama di Masjid Nurul Iman SMAN 15 Semarang.

Acara ini merupakan sebuah kegiatan yang perlu untuk terus diadakan dan dikembangkan. Bukan hanya mendapatkan pengalaman dan ilmu, tetapi juga menjadi inspirasi bagi generasi muda islami mengenai bagaimana kehidupan dan sifat Rasulullah bagi seluruh peserta yang mengikuti acara tersebut.  Serta menambah berkah luar biasa yang didapatkan dengan memeriahkan, mengingat perjuangan serta sejarah kehidupan Nabi Muhammad Shalallaahu ‘Alaihi Wasalam dengan bershollawat.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar