SEJARAH

SMA Negeri 15 Semarang beroperasi mulai Tahun Pelajaran 1991/1992  dan pada waktu itu masih bergabung dengan SMA Negeri 11 Semarang. Baru tanggal 2 Januari 1992, sekolah ini menempati gedung baru di Jalan Kedungmundu Raya No. 34 Semarang. Tanggal 2 Januari tersebut selalu kita peringati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Sekolah. Tepat tanggal 2 Januari 2017 yang lalu, SMA Negeri 15 Semarang genap berusia 25 tahun, dengan prestasi sekolah , baik akademis maupun non akademis dapatlah dibanggakan (lihat Prestasi sekolah pada poin 1).

                  Lokasi sekolah  sangat strategis karena berada di tepi jalan raya dengan sarana transportasi yang mudah serta dikelilingi beberapa perumahan yang dapat menjadi sumber input siswa yang memadai. Terbukti pada Penerimaan Peserta Didik (PPD) tahun 2016/2017 yang lalu, sekolah ini mendulang jumlah pendaftar cukup banyak di Kota Semarang, baik Pilihan 1 maupun Pilihan 2 (sekitar 1747 pendaftar).

                  Sekolah ini juga didukung oleh sarana prasarana yang memadai seperti 2 (dua) Ruang Laboratorium Komputer, Ruang Multimedia, Laboratorium Kimia, Fisika, Biologi, Lapangan Olah Raga,  Ruang OSIS, Ruang Agama, Ruang Perpustakaan , Ruang Koperasi Siswa dan sarana –saran penunjang yang lain.

                  Dengan berbekal pengelolaan sekolah berbasis IPOO (Input-Proses-Output-Outcome), serta tenaga Guru dan karyawan yang memadai (sebagaian besar berpendidikan S-1 dan S-2) serta dengan selalu menjaga iklim sekolah yang kondusif,  dengan pembiayaan pendidikan yang bersumber dari dana BOS, P BOS dan Partisipasi Masyarakat,  serta beasiswa yang lain, maka SMA 15 Semarang siap menjawab tantangan pendidikan yaitu  mencerdaskan kehidupan bangsa,  berdasar Visi “Unggul dalam Prestasi, Luhur dalam Budi Pekerti dan Peduli Lingkungan”. Visi tersebut yang dilengkapi dengan Misi itulah yang menjadi kerangka segenap keluarga besar SMA Negeri 15 Semarang dalam melangkah, bekerja dan mengabdi mencerdaskan para anak bangsa yaitu para siswa yang telah dititipkan orangtuanya kepada sekolah ini untuk dididik dan dibimbing sehingga menjadi output yang berprestasi, mempunyai budi pekerti yang luhur dan mampu bersaing dalam melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau dunia kerja.