SMART LIBELS
Info Sekolah
Thursday, 18 Jul 2024
  • Selamat Datang di Website resmi SMA Negeri 15 Semarang
  • Selamat Datang di Website resmi SMA Negeri 15 Semarang
8 July 2024

Semarak Idhul Adha 1445H di SMAN 15 Semarang

Mon, 8 July 2024 Dibaca 64x Uncategorized

SMAN 15 Semarang – Perayaan Idhul Adha di SMAN 15 Semarang sudah setiap tahun dilaksanakan, termasuk Idhul Adha tahun ini yang jatuh pada tanggal 17 Juni 2024. Semarak perayaan Idhul Adha 1445H di SMAN 15 Semarang sangat terasa, bahkan sebelum Hari Raya Idhul Adha tiba. Terdapat Latihan Kurban, pemotongan hewan kurban, lalu mendistribusikannya ke warga sekolah yang membutuhkan.

Beberapa minggu sebelum Hari Raya Idhul Adha tiba, SMAN 15 Semarang mengadakan Latihan Kurban. Panitia Idhul Adha berkeliling ke kelas-kelas untuk mengumpulkan uang dari para siswa. Uang ini akan digunakan untuk berkurban di sekolah. Tentu saja pihak sekolah tidak mematok nominalnya, para siswa diminta mengumpulkan uang seikhlasnya. Latihan Kurban ini dimaksudkan agar siswa terbiasa menyisihkan uang mereka untuk bersedekah dan berkurban.

Pada Rabu (12/6/2024) anggota Rohis SMAN 15 Semarang selaku panitia Idhul Adha 1445H menyiapkan peralatan untuk pemotongan hewan kurban. Mereka nengasah golok, pisau, dan kapak agar tajam ketika digunakan. Ini penting terutama ketika menyembelih hewan kurban, sehingga tidak menyiksa hewan-hewan kurban nantinya. Persiapan dilanjutkan pada hari Minggu (16/6/2024).

SMAN 15 Semarang melaksanakan penyembelihan pada hari pertama Idhul Adha yaitu Senin (17/6/2024). Hewan yang dikurbankan sebanyak 7 ekor kambing dan 2 ekor sapi. 7 ekor kambing dipotong di sekolah, sedangkan 2 ekor sapi dipotong di rumah pemotongan hewan (RPH). Setelah itu, para guru dan para siswa bekerja sama memotong-motong daging kurban.

Hewan-hewan kurban tersebut dibeli dengan uang yang dikumpulkan oleh guru-guru, para wali murid, dan para siswa. Salah satu kelas yaitu XI-A6 pun turut mengurbankan seekor kambing. Daging kurban pun dibagikan kepada siswa-siswi SMAN 15 Semarang yang membutuhkan, mereka sebelumnya sudah mendapatkan kartu pengambilan hewan kurban.

Rangkaian kegiatan Hari Raya Idhul Adha di SMAN 15 Semarang ini merupakan bagian dari pendidikan karakter. Dan juga melaksanakan perintah Allah SWT seperti yang tercantum pada QS. Al-Kautsar ayat 2. “Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berqurbanlah.” (Al-Kautsar/108 : 2)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar