Keyword
SEGENAP KELUARGA BESAR SMA NEGERI 15 SEMARANG MENGUCAPKAN ...*** SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA***....
MINGGU, 23 SEPTEMBER 2018
Artikel
Orang Tua dan Alumni Mengajar
Ditulis tanggal : 21 - 12 - 2017 | Pukul :

SMAN 15 Semarang Gandeng Orang Tua dan Alumni Mengajar

Pendidikan bukan hanya menjadi tanggung jawab para guru, kepala sekolah dan pemerintah, melainkan tanggung jawab semua orang dan siapapun berhak turun tangan untuk terlibat dalam meningkatkan kualitas pendidikan, termasuk didalamnya orang tua dan alumni. Hal itulah yang menjadi inspirasi SMA Negeri 15 Semarang untuk menyelenggarakan program yang dikemas Orang Tua dan Alumni Mengajar.

Bertempat di Aula, SMA 15 Semarang menggandeng orang tua dan alumni dari berbagai profesi untuk mengajar puluhan siswa kelas XII, pada hari Selasa (19/12/2017).

Tampil sebagai pengajar, yakni Nur Taufiq, orang tua Owasi Suryo Hadikusuma, siswa kelas X Olimpiade, Imam Soewandi, orang tua dari Fatimah siswi kelas X Olimpiade, Liza, orang tua dari Aria, siswi kelas X IPA 5, serta pengajar para alumni. Di hadapan puluhan siswa kelas XII, mereka berbagi pengalaman dan memberikan motivasi, inspirasi, serta wawasan kepada puluhan siswa.

Huda yang merupakan alumni angkatan 2008, menyampaikan bahwa saat dia sekolah di SMA 15 Semarang belum ada program seperti ini. “Ini perkembangan yang bagus, belum pernah ada saat saya sekolah mengadakan seperti ini. Dan saya melihat animo siswa sangat tinggi,” tutur pria yang sedang menempuh program doktor di Universitas Merdeka Malang.

Dalam pemaparanya di hadapan puluhan siswa, dia menyampaikan tentang pentingnya studi lanjut, berwirusaha secara mandiri, dan bagi yang belum bisa studi lanjut dan berwirausaha, agar tetap bekerja sesuai dengan bakat dan minat mereka masing-masing, namun yang terpenting lulusan SMA 15 harus melanjutkan studi lanjut,” katanya.

Hal serupa, juga disampaikan Nur Taufiq yang berprofesi sebagai Dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan UNDIP, dia mengapresiasi kegiatan orang tua dan alumni mengajar, mengingat siswa juga perlu didampingi orang tua selain guru mengajar dan mendidik di sekolah. “Siswa itu membutuhkan perhatian dan pengetahuan yang sifatnya diberikan oleh eksternal seperti dari orang tua, dan itu sangat penting karena banyak manfaatnya, tetapi jangan melebihi kurikulum guru mengajar di sekolah (kelas),” tuturnya.

Program yang diikuti oleh para siswa kelas XII tersebut menunjukkan betapa pentingnya orang tua terlibat didalam pendidikan anak serta sebagai bentuk partisipasi peran orang tua siswa sesuai dengan Kurikulum 2013. Kegiatan ini dapat memberikan informasi dan memberikan pengetahuan yang lebih pada siswa.

“Kegiatan tersebut cukup bagus, Karena pengalaman yang di share oleh alumnni maupun orang tua meskipun tidak bisa diadopsi secara total menimal siswa jadi punya wawasan.” Tutur Liza, orang tua siswa yang berprofesi sebagai dokter di RS Kariadi.

Bercermin dari Pohon

Pada saat mengajar, salah satu dari orang tua siswa memesankan agar para siswa kelas XII mau bercermin pada falsafah pohon yang berbuah.

“Orang baik seperti pohon, yang memiliki akar, tangkai dan buah yang baik. Anak yang baik seperti pohon yang memiliki akar yang kuat, tangkai yang baik dan membuahkan hasil buah yang baik, sehingga akhirnya bisa dinikmati banyak orang. Maka saya berpesan jadilah orang yang bermanfaat bagi orang lain,” tuturnya.

Kepala Sekolah SMAN 15 Semarang, Soleh Amin menyampaikan bahwa program yang dikemas dengan orang tua dan alumni mengajar bertujuan supaya para siswa kelas XII mempunyai gambaran tentang bagaimana nanti setelah lulus dari sekolah.

“Kegiatan ini dilakukan atas inisiasi sendiri, mengingat kegiatan ini banyak manfaat yang didapat, diantaranya melalui kegiatan ini para siswa kelas XII akan terinspirasi dan termotivasi untuk mencari role model menuju masa depan mereka setelah lulus nantinya,” ujarnya.

Salsabila, siswa kelas XII IPA 2 yang mengikuti kegiatan itu, mengaku termotivasi untuk menjadi lebih baik dan agar lebih sukses kedepannya, apalagi setelah mendengar pengalaman salah satu dari pemaparan orang tua siswa.

“Saya akan selalu mengingat pesan yang diberikan dari orang tua mengajar di sekolah. Salah satunya agar bisa menjadi manusia yang dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain,” katanya.