Keyword
SELAMAT DATANG PESERTA DIDIK KELAS X TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018.....TEKUN BELAJAR, BAIK DALAM SIKAP DAN PEDULI LINGKUNGAN
KAMIS, 23 NOVEMBER 2017
Artikel
SMAN 15 Gelar Santunan Siswa Anak Yatim Piatu
Ditulis tanggal : 03 - 10 - 2017 | Pukul :

Semarang- Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama umat Muslim, SMA Negeri 15 Semarang melalui surat keputusan (SK) Kepala SMA Negeri 15 Semarang Nomor 422.5/238/2017, memberikan santunan kepada 21 siswa yatim piatu pada hari Jumat (29/09/2017) setelah usai sholat Jumat di masjid Nurul Iman. Selain memberikan santunan, pemberian dilakukan dengan mengusap kepala anak yatim di lingkungan sekolah.

Pemberian santunan kepada puluhan anak yatim piatu tersebut dilakukan secara langsung oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 15 Semarang, Soleh Amin yang didampingi Waka Bidang Humas Sukisroyi serta guru Agama Islam, Nanang Qosim dan Zainuri. Acara pemberian santunan kepada siswa yatim piatu disaksikan langsung oleh seluruh siswa, guru dan karyawan SMA Negeri 15 Semarang di masjid sekolah.

Pembina Rohis SMAN 15 Semarang Sadi menuturkan, bahwa kegiatan ini adalah untuk memuliakan bulan Muharram, sekaligus program tahunan Rohis SMA Negeri 15 Semarang, yang sebelumnya sekolah sudah menggelar dzikir dan doa bersama pada 1 Muharam 1439 H di Masjid Nurul Iman yang berada didalam sekolah.

“Dalam rangka memuliakan bulan Muharram 1439H/2017M, Rohis OSIS SMA Negeri 15 Semarang memberikan santunan kepada peserta didik muslim yang yatim piatu berkategori tidak mampu,” terangnya.

Soleh Amin dalam sambutannya, menyampaikan siswa yatim piatu akan mendapatkan 300 ribu rupiah. Uang tersebut diperoleh dari iuran keluarga besar sekolah, dan bisa digunakan sebaik mungkin terutama keperluan belajar di SMA Negeri 15 Semarang.

“Sumber dana santunan tersebut diperoleh dari peran serta keluarga besar SMA Negeri 15, terdiri dari peserta didik muslim SMA Negeri 15 Semaran, para guru dan karyawan SMA Negeri 15 Semarang. Besar santunan setiap peserta didik disesuaikan dengan perolehan dana dari peran serta keluarga besar sekolah sebesar tiga ratus ribu rupiah,” terangnya.

Dalam kesempatan itu Kepala Sekolah, Soleh Amin juga menyampaikan tujuan pemberian santunan itu sendiri ialah dalam rangka memuliakan bulan Muharram dengan cara menyantuni dan mengusap kepala yatim.

“Kita yakin bahwa mereka yang menyantuni dan mengusap kepala yatim, dapat melebur dosa mereka. Selain itu juga bakal mempermudah rezeki di tahun ini,” tegasnya.

Soleh Amin menambahkan acara tersebut digelar dalam rangka meningkatkan kepedulian siswa kepada sesama teman mereka yang bernasib kurang beruntung. Sehingga akan terpelihara rasa kasih sayang sesama dan tumbuh rasa gotong royong diantara mereka.

"Pada hari ini kita keluarga besar SMA Negeri 15 Semarang memberikan santunan kepada anak yatim paitu yang ada di sini. Tujuannya tak lain ialah sebagai kepedulian kami untuk berbagai kebahagiaan dan kasih sayang, khususnya di bulan Muharram ini,” ucapnya.

Salah satu siswi SMAN 15 Semarang sekaligus penerima santunan anak yatim, Rossa Fitri Maleha Putri kelas XI IPA 7 menyampaikan ucapan terimakasih kepada semuanya.

"Alhamdulillah, saya berterimakasih kepada sekolah, guru-guru saya, teman-teman saya, dan semuanya. Insya Allah, uangnya yang saya terima sangat bermanfaat untuk saya," ucapnya dengan nada sedih terharu.

SMA Negeri 15 Semarang menjadikan pemberian santunan kepada anak yatim piatu dan dhuafa sebagai agenda tahunan. Acara santunan merupakan wujud usaha SMA Negeri 15 Semarang untuk mengamalkan perintah Al-Qur’an yang terdapat pada QS. Al-Maun/107: 1-7 mengenai perintah menyantuni anak yatim, hadits nabi tentang kedudukan yang tinggi bagi orang yang menyantuni anak yatim piatu.

Visi dan misi SMA Negeri 15 juga berorientasi pada perwujudan kepedulian sosial. Sehingga sekolah melakukan setiap kegiatan yang dapat memberikan akses dan kepedulian terhadap lingkungan sekolah, termasuk kepada peserta didik