Keyword
KELUARGA BESAR SMA 15 SEMARANG MENGUCAPKAN SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA ........
SELASA, 27 JUNI 2017
Artikel
SOSIALISASI UNBK 2017 DI SMA 15
Ditulis tanggal : 24 - 01 - 2017 | Pukul :

Pelaksanaan UNBK tahun 2017 di SMA Negeri 15 Semarang merupakan tahun pertama mulai akan dilaksanakan. Setelah di verifikasi oleh tim UNBK dan sudah di muat di daftar sekolah penyelenggara UNBK tahun 2017, Pada hari Selasa tanggal 24 Januari 2017 jam 08.00 WIB s.d. jam 10.00, telah dilaksanakan sosialisasi UNBK di SMA Negeri 15 Semarang dengan mengundang orang tua / wali siswa kelas XII sejumlah 203 orang tua wali kelas XII.IPA-1 S/D IPA-5 dan Kelas XII.IPA-6 S/D XII.IPS-4 pada jam 10.30 wib.. Acara dibuka oleh sambutan Kepala SMA Negeri 15 Semarang, Bapak Soleh Amin, S.Pd., M. Pd dilanjut paparan tentang UNBK.

Kepala Sekolah SMA Negeri 15 Semarang mengharapkan partisipasi orang tua dalam pelaksanaan UNBK di SMA 15 Semarang dengan memberikan bantuan pinjaman laptop untuk melengkapi jumlah yang tersedia di SMA 15. Saat ini SMA 15 sudah memiliki sejumlah computer yang selama ini digunakan untuk kegiatan pembelajaran tetapi jumlahnya belumlah memadai, untuk itu partisipasi orang tua diperlukan untuk melengkapinya agar jumlah computer 1/3 dari jumlah siswa, yaitu sekitar 120 unit client dan 6 server.

Berikut Kutipan dari dari http://unbk.kemdikbud.go.id/ : Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Hasil penyelenggaraan UNBK pada kedua sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Selanjutnya secara bertahap pada tahun 2015 dilaksanakan rintisan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 555 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 378 SMK di 29 Provinsi dan Luar Negeri.

Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload) sistim seperti ini dilakukan untuk menghindari kendala koneksi internet terputus pada saat pelaksanaan ujian dilakukan.