Keyword
KELUARGA BESAR SMA 15 SEMARANG MENGUCAPKAN SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA ........
SELASA, 27 JUNI 2017
Artikel
PEMILOS 2016 LIBELS
Ditulis tanggal : 26 - 10 - 2016 | Pukul :

Komisi Pemilihan Umum Kota Semarang, Jawa Tengah, memfasilitasi proses pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMAN 15 SEMARANG sehingga proses pemilihan berlangsung layaknya pemilihan umum secara langsung. "Ide awal, murni dari pihak sekolah yang menginginkan pemilihan ketua OSIS dipilih langsung oleh siswa agar lebih demokratis," kata kepala SMA 15 Semarang Soleh Amin, S.Pd, M.Pd.
Untuk itu, kata dia, KPU Kota Semarang memfasilitasinya dengan meminjamkan peralatan pendukung, seperti bilik maupun kotak suara serta mekanisme pemilihan. Sebelum dilaksanakan pemilihan, KPU Kota Semarang memberikan bimbingan teknis kepada penyelenggara, termasuk format kartu suaranya.
"Kami juga memberikam bimbingan untuk membedakan kartu suara yang sah dan tidak sah," kata Wakasis SMA 15 Mulyadi Wibowo, S.Pd. Menurut dia, pemilihan ketua OSIS secara langsung tersebut sebagai bentuk simulasi yang diklaim hasilnya lebih efektif, dibandingkan dengan sekadar simulasi biasa yang mudah dilupakan, karena siswa tidak mengalaminya langsung.
Lewat proses pemilihan ketua OSIS yang menyerupai pemilihan umum, katanya, tentunya memberikan pengalaman tersendiri kepada para siswa ketika nantinya menjadi pemilih pemula pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah.
Wakil Kepala SMA 15 Semarang Bidang Kesiswaan Mulyadi Wibowo, S.Pd. mengatakan, jumlah siswa mencapai 1080 Siswa terdiri dari kelas X, XI dan XII. "Dimungkinkan, siswa kelas XII banyak yang bakal menjadi pemilih pemula," ujarnya. Tidak lupa Bapak dan Ibu guru serta karyawan yang berjumlah 98 orang juga dilibatkan untuk ikut meramaikan pesta demokrasi Pemilos untuk ikut memilih calon ketua OSIS tahun 2016 ini yang pada tahun kemarin belum dilibatkan untuk mempunyai hak pilih
Pemilihan ketua OSIS secara langsung, katanya, sudah digelar dua kali, sedangkan pada 2012 dinilai lebih meriah karena difasilitasi KPU Kota Semarang.
"Sebelumnya, pemilihan ketua OSIS dipilih oleh perwakilan dari masing-masing kelas. Kini semua siswa memilihnya langsung karena biaya pemilihan ketua OSIS merupakan hasil iuran siswa," kata Soleh Amin, S.Pd, M.Pd. Selaku Kepala SMA 15 Semarang definitip tahun 2016.